Sabtu, 16 Mei 2015

Tips Meningkatkan Ingatan

1. Jogging  Aktivitas fisik ternyata berguna untuk meningkatkan fungsi otak. Studi dari British Journal of    Sports Medicine mengungkapkan bahwa aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin akan memompa jantung dan meningkatkan ukuran hipokampus yang berperan dalam hal mengingat.
2. Keluar dari rutinitas
Pengalaman baru dapat membantu otak untuk lebih mempertahankan informasi. Mulai dari mencoba rute baru untuk pulang ke rumah, baca perlahan dan coba mengingat.
3. Datang bersama-sama
Interaksi sosial dapat mengurangi tingkat depresi dan stres yang berkontribusi untuk mengurangi kemampuan mengingat. Usahakan untuk berkumpul bersama teman, setidaknya sekali dalam seminggu.
4. Tantang diri Anda
Coba main games baru yang bisa mengasah aktivitas otak, terutama menajamkan ingatan.
5. Minum kafein
Coba setidaknya minum Americano tanpa gula sebanyak enam teguk. Kafein dapat membantu mempertahankan ingatan.
6. Hindari minuman beralkohol
Studi menemukan bahwa saat orang menginjak usia dan rutin meminum lebih dari dua setengah cangkir alkohol setiap harinya akan mudah hilang kemampuan mengingat, juga berpotensi untuk mengalami serentetan penyakit sekitar enam tahun kemudian dibanding yang jarang mengkonsumsi.
7. Katakan `OM`
Luangkan waktu untuk berdiam. Meditasi atau tindakan berkonsentrasi dengan pernapasan terbukti dapat mengurangi stres dan meningkatkan ingatan. Meditasi bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Cukup pejamkan mata, fokus pada satu hal, dengarkan pernapasan, dan biarkan stres menghilang.

Sumber : http://health.liputan6.com/read/2233291/7-cara-agar-ingatan-anda-meningkat?p=1

0 komentar:

Posting Komentar